Ad Code

Responsive Advertisement

Pejabat Negara Di Dunia Yang Menikah Dengan Sesama Jenis

Eksistensi kaum LGBT sepertinya saat ini semakin diterima di masyarakat. Mereka tidak perlu sembunyi-sembunyi lagi dalam menjalani hubungan yang masih dianggap tabu oleh beberapa orang. Walaupun memiliki orientasi seksual yang melawan kodrat, bukan berarti mereka tidak dapat melakukan hal-hal pada umumnya orang-orang normal. Saat ini banyak kaum LGBT yang memiliki peran penting di masyarakat, termasuk menjadi pejabat negara. Beberapa di antaranya sudah terang-terangan mengakui keadaan mereka yang menyimpang, bahkan sampai melakukan pernikahan. Berikut pejabat negara didunia yang menikah dengan sesama jenis.

Perdana Menteri Islandia Johanna Sigurdardottir


Johanna Sigurdardottir, Perdana Menteri Islandia resmi menikahi kekasihnya yang juga seorang perempuan, Jonina Leosdottir. Sigurdardottir pun menjadi pemimpin negara pertama yang melaksanakan pernikahan sesama jenis. Kantor PM Islandia, Senin, 28 Juni 2010, merilis pernyataan bahwa pernikahan tersebut dilangsungkan pada Minggu, 27 Juni 2010, bertepatan dengan mulai berlakunya peraturan hukum baru mengenai pernikahan sesama jenis di Islandia, sekaligus bertepatan dengan peringatan hari internasional hak-hak homoseksual. Selama bertahun-tahun, Sigurdardottir dan Leosdottir yang berprofesi sebagai penulis sudah menjalin hubungan asmara. Kini mereka pun telah melegalkan ikatan asmara mereka secara hukum. Pernikahan pasangan sesama jenis ini dirayakan melalui kebaktian di gereja, tanpa pesta meriah.

Elio Di Rupo Perdana Menteri Belgia


Di Rupo lahir pada tahun 1951. Ia terpilih sebagai Perdana Menteri Belgia yang telah mengalami kekosongan jabatan selama 589 hari. Hal ini terjadi karena parlemen Belgia pada saat itu tidak mampu membangun koalisi untuk membentuk pemerintahan. Akhirnya Raja Belgia memberikan mandat kepada Di Rupo selaku Ketua Partai Sosialis Belgia untuk membentuk pemerintahan. Di Rupo menjabat sebagai Perdana Menteri Belgia selama tiga tahun, terhitung dari 6 Desember 2011 hingga 11 Oktober 2014. Di Rupo juga tercatat sebagai Perdana Menteri Belgia pertama yang bukan berasal dari keturunan Belgia.

Perihal terungkapnya orientasi seksualnya yang menyimpang itu sebenarnya jauh sebelum dia dinobatkan sebagai Perdana Menteri.  Di Rupo mengakui jika dirinya gay kepada media pada tahun 1996. Kendati demikian, Perdana Menteri ke-50 dalam sejarah Belgia itu tidak pernah meresmikan hubungan dengan pasangannya. Meski sebenarnya Belgia sudah melegalkan perkawinan sesama jenis sejak 2003 lalu.

Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel


Perdana Menteri Luxembourg Xavier Bettel (42), menikahi kekasihnya Gauthier Destenay beberapa waktu lalu. Pemimpin politik salah satu negara paling kaya di Eropa itu menjadi pejabat kedua di dunia yang menikah dengan sesama jenis secara terbuka ketika masih berkuasa. Mereka telah hidup bersama sejak 2010. Mereka sempat berencana menikah setelah Bettel lengser, tapi akhirnya pesta dipercepat. Dalam upacara pernikahan di Balai Kota Luxembourg City, hanya hadir keluarga dekat dan tamu undangan khusus.

Walaupun tidak diliput oleh media, foto-foto pernikahan mereka tetap tersebar. Warga Luxembourg tidak mempermasalahkan pernikahan sesama jenis pemimpin mereka. Beberapa saat setelah pernikahan itu, Bettel dan Destenay berjalan bersama di sekitar Balai Kota. Warga mengelu-elukan mereka. "Saya tidak akan pernah menyembunyikan siapa saya yang sebenarnya. Saya berkata dalam hati, jika kamu ingin menjadi politisi dan jujur dalam politik, anda harus jujur dengan diri sendiri dan menerima diri kita apa adanya," tutur Bettel.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu