Ad Code

Responsive Advertisement

16 Manfaat Tak Terduga Tumbuhan Ciplukan

Bagi anak-anak generasi 90-an pasti sudah tak asing dengan buah dari tumbuhan ciplukan. Tumbuhan semak ini tumbuh secara liar dan buahnya dapat dimakan. Rasanya juga cukup enak. Ciplukan memiliki bebeapa nama. Di Jawa Barat misalnya, ia lebih dikenal dengan nama ‘cecenet’.

Tanaman bernama latin Physalis Angulata biasanya tumbuh di tanah perkebunan atau persawahan.Oleh sebab itu masyarakat pedesaan sangat sering menjumpai tumbuhan ini.
Ternyata, buah tumbuhan ciplukan selain rasanya enak, ia juga memiliki khasiat yang tak main-main. Ciplukan dipercaya mampu mengobati bebagai penyakit mulai penyakit jantung hingga kanker payudara. Tentu saja, dibutuhkan langkah khusus untuk mengolah ciplukan agar memberikan khasiat. Apa saja khasiat tumbuhan merakyat ini? Berikut ulasannya.

Menyembuhkan Penyakit Jantung

Salah satu khasiat buah ciplukan adalah mengobati gangguan jantung. Caranya cukup mudah, ambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan dengan blender seperti jus, kemudian minum tanpa campuran apa-apa. Selain dibuat seperti jus, daunnya juga bisa kita makan langsung setelah mencucinya hingga bersih.

Mengobati Asma

Cara mengolah ciplukan menjadi obat asma juga tergolong mudah. Ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. Atau ambil daunnya, kemudian campur dengan kapur sirih lalu dihancurkan dengan menggunakan kedua telapak tangan. Kemudian basahkan dengan air. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.

Mengobati Kurap

Penyakit kurap memang mengganggu. Selain membuat tak nyaman juga merusak penampilan jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka. Untuk mengobatinya cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap.

baca juga : Penderita 7 Penyakit Ini Harus Minum Obat Seumur Hidup

Menurunkan Demam Pada Anak

Tak hanya daunnya, buah ciplukan juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah ciplukan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun, buah dan akar selama tiga minggu berturut-turut.

Membersihkan Kencing Kotor

Cukup dengan minum air rebusan dari akar sampai pucuk buah ciplukan.

Mengobati Kanker Payudara

Kanker payudara mungkin terdengar sebagai penyakit yang mengerikan. Tapi buah ciplukan ternyata juga bisa menyembuhkan penyakit ini. Caranya, pucuk yang muda dicampur dgn empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian digiling dengan parutan kelapa sampai lumat. Setelah itu ramuan tadi langsung ditempelkan pada payudara.

Menghilangkan Kuning Pada Bayi yang Baru Lahir

Buah ciplukan juga dapat menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir. Caranya, ciplukan di jemur hingga kering, kemudian digunakan untuk mandi pada bayi yang baru lahir.

Menyadarkan Orang Pingsan

Ambil akarnya dan bakar. Kemudian abunya dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, dan oleskan pada kepala orang yang sedang pingsan.

baca juga : 15 Istilah Rahasia yang Hanya Dipahami Oleh Sesama Dokter

Mengobati Stroke

Meminum dan memakan bagian-bagian dari buah ciplukan secara rutin juga dapat membantu mengobati penyakit stroke.

Menambah Kecerdasan

Buah ciplukan yang di campur air, jeruk nipis, dan sedikit gula selain nikmat ternyata juga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Mengobati Kencing Manis

Kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti. Cara menggunakannya yaitu, rebus batang dan akar dari buah Ciplukan, kemudian minum tiga kali sehari.

Menghilangkan Sakit Persendian

Caranya cukup mudah, campur daun dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang sakit.

baca juga : 6 Upaya Pembunuhan Presiden Karena Alasan yang Konyol

Menurunkan Kolesterol

Bagian dari buah ciplukan ternyata juga bisa menurunkan kolesterol lho. Caranya makan daun dari buah ciplukan dua helai tiga kali sehari.

Penambah Darah

Buah Untuk tambah darah ciplukan juga dapat mengobati kekurangan darah atau anemia. Pengaplikasiannya yaitu dengan cara memasak batang dari buah ciplukan, kemudian minum ari rebusannya.

Penawar Racun

Semua bagian dari buah ciplukan ternyata bisa dikonsumsi sebagai penawar racun.

baca juga : 6 Tips Mudah Biasakan Minum Air 8 Gelas Per Hari

Perlu diingat, walaupun buah ciplukan ini memiliki khasiat yang luar biasa. Tetapi disarankan untuk tidak mengonsumsinya bersamaan dengan kopi,  karena konon malah dapat menyebabkan keracunan. Semoga bermanfaat!


 sumber : brilio.net

Post a Comment

0 Comments

Close Menu